UNIVERSITAS HASANUDDIN

  • id
  • en

PROGRAM STUDI GEOFISIKA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Proses pembelajaran daring selama ini berjalan di Prodi Geofisika memanfaatkan aplikasi Learning Management System (LMS) Unhas yang dapat diakses pada URL http://lms.unhas.ac.id, dengan tampilan seperti pada Gambar berikut.

Sejak awal pemanfaatan LMS yang disediakan oleh pengelola LMS Unhas, umumnya masih menggunakan LMS-2016 (sperti pada Gambar) tidak pernah ditemui adanya kendala baik dalam pemberian materi, forum diskusi, quiz dan tugas perorangan maupun perkelompok. Namun pada tahuan ajaran baru semester gasal 2017/2018 terdapat satu kendala yang ditemui oleh peserta matakuliah pada salah satu mata kuliah yang diampu oleh Dosen Prodi Geofisika.

Kendala tersebut belum disadari oleh Dosen yang telah memberikan Tugas kepada peserta mata kuliah di LMS-2016. Ketika seminggu setelah memberi tugas, barulah peserta melaporkan kepada Dosen bahwa tugas tidak dapat dikumpulkan/diunggah karena tidak tersedia fasilitas untuk mengumpulkan tugas.

Berdasarkan kejadian di atas, penulis mencoba aplikasi baru yang telah disediakan oleh pengelola LMS Unhas yakni dengan memanfaatakan Aplikasi LMS terbaru seperti pada Gambar.

Syukurlah setelah dicoba memberi tugas, peserta sudah dapat mengumpulkan tugasnya sebagaimana divisualkan pada Gambar di bawah ini.

Oleh karena itu, untuk pemanfaatan proses pembelajaran daring selanjutnya, sangat dianjurkan menggunakan aplikasi yang terbaru ini (LMS-2017 versi Chamilo).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *